Daun

Jumat, 07 Maret 2014

SAMPAH DAN LINGKUNGANNYA


SAMPAH DAN LINGKUNGANNYA

Sampah dan lingkunganya mempunyai hubungan yang sangat erat. Sampah adalah sisa dari perbuatan manusia. Contohnya : Saat kita membeli jajan yang berbungkus plastik atau yang lain. Setelah kita makan isi jajan tersebut. Maka plastik yang berbungkus tadi setelah habis makan  itu disebut sampah. Jadi sampah itu adalah sisa dari perbuatan manusia.

Dampak sampah terhadap lingkungan sangatlah besar dan sangat terlihat jelas. Salah satunya adalah banjir. Banjir sekarang terjadi dimana-mana. Banjir tersebut bisa terjadi karena ulah manusia. Karena manusia membuang sampah sembarangan,seperti membuang sampah disungai. Yang menyebabkan air sungai menjadi terhambat dalam mengalirnya. Seperti yang terjadi di ibukota kita, sampah yang dihasilkan perhari bisa mencapai berton-ton. Apalagi yang paling tragis adalah saat melihat sampah menggenangi sungai yang menyebabkan pada saat musim hujan banjir dan menyebabkan banyak penyakit. Waduk-waduk pun yang berada disana sudah dangkal dan sudah disulap menjadi rumah-rumah warga yang tidak mempunyai tempat tinggal.

Solusi dari dampak diatas, untuk mengurangi sampah tersebut adalah  menanamkan rasa cita lingkungan yang dimulai dari diri sendiri dahulu. Kita dapat menguranginya dengan cara 3R yaitu reduce,recycle,reuse. Recycle adalah mengolah kembali sampah menjadi barang yang bermanfaat. Dalam recycle yang akan dibuat menjadi barang yang bermanfaat adalah sampah anorganik.Sedangkan sampah organik dapat dijadikan sebagai kompos. Reduce adalah mengurangi penggunaan sampah. Seperti tas kresek yang dapat digunakan berulang-ulang. Karena jika sampah plastik dibakar dapat menyebabkan kanker dan juga polusi udara. Reuse adalah menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan.contohnya seperti tas kresek sebelumnya.
         
Sekian tulisan saya tentang sampah dan lingkungan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar